Selamat datang di Situs Wiki Cipta Media Seluler
Didukung oleh:
Cipta media organisasi pendukung.png


Temukan Cipta Media Seluler di Twitter @ciptamedia Facebook: Cipta Media Seluler | Situs web: Cipta Media seluler


Sempugi: Ringtone dan Wallpaper

Dari Wiki Cipta Media Seluler
Langsung ke: navigasi, cari
Final 1 Agustus 2014
Andi Rahmat Munawar 042 Ringtone, Wallpaper, NSP
Organisasi
Sempugi
Status resmi
Kontak
Andi Rahmat Munawar
Lokasi
Sulawesi Selatan

Deskripsi Proyek

Nilai-nilai budaya mulai dilupakan seiring perkembangan arus perkembangan tekonologi dan modernisasi yang terjadi disegala aspek kehidupan. Kita menemukan adanya keterasingan generasi muda dengan nilai budayanya sendiri. Banyak pesan leluhur tidak dikenal oleh generasi muda. Demikian pula lagu-lagu tradisional terpinggirkan oleh lagu-lagu pop. Persoalannya kemudian, apakah harus melupakan nilai warisan budaya karena adanya perkembangan tekonologi atau perkembangan tekonogi dapat seiring sejalan nilai-nilai budaya setempat dan tdak dilupakan oleh generasi sekarang. Selain itu, ternyata di Sulawesi Selatan dan Barat mempunyai kekayaan alam yang luar biasa. Begitu banyak lokasi yang belum dijadikan obyek wisata akibat lemahnya sosialisasi dan pembangunan infrastruktur pendukung. Sehingga menjadi sangat penting untuk mengenalkan obyek wisata tersebut kepada khalayak, minimal pada generasi muda di Sulawesi Selatan sendiri. Pada gilirannya nanti diharapkan penyebaran informasi terhadap eksistensi obyek wisata yang kurang atau tidak tergarap ini menjadi labih massif.

Maka dengan kondisi tersebut sehingga Pembuatan nada dering/ringtone, nada sambung pribadi (NSP) dan wallpaper ini dibuat, mengingat HP dan Smartphone digunakan oleh hampir semua generasi muda yang ada di Sulawesi Selatan dan Barat. HP dan Smartphone juga menjadi sesuatu yang sangat penting dan pribadi saat ini. HP dan Smartphone mampu “mengarahkan konsentrasi” pemakainya sehingga memiliki pengaruh yang cenderung kuat.

Pembuatan Nada Dering/Ringtone dan Nada Sambung Pribadi lagu-lagu tradisional Sulawesi selatan dan barat. Wallpaper berisi petuah-petuah dan kearifan lokal serta gambar atraksi budaya dan tempat wisata di Sulselbar. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan nilai-nilai karifan local kepada generasi muda melalui nada dering/ringtone dan nada sambung pribadi melalui lagu-lagu daerah yang sudah jarang terdengar sekarang. Sedangkan wallpaper berisi gambar atraksi budaya dan upacara adat dari etnis yang ada di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Tujuan:

Keluaran
  • Digunakannya nada dering lagu tradisional Sulawesi Selatan dan Barat oleh 400 pengguna
  • Digunakannya nada sambung pribadi lagu tradisional Sulawesi Selatan dan Barat di 400 HP/Smartphone pengguna
  • Digunakannya wallpaper atraksi budaya dan obyek wisata yang berisi kearifan lokal Sulawesi Selatan dan Barat oleh 400 pengguna
Hasil
  • Terbiasanya pengguna untuk mendengarkan lagu tradisional Sulawesi Selatan dan Barat
  • Dikenalnya atraksi budaya, obyek wisata serta nilai-nilai kearifan lokal yang kurang dipublikasi
Dampak
  • Tumbuhnya minat dan kecintaan terhadap lagu tradisional
  • Tumbuhnya kepedulian untuk melestarikan atraksi budaya yang terancam punah
  • Tumbuhnya kepedulian untuk mengelola obyek wisata
  • Dipraktekkannya nilai kearifan lokal

Sasaran:

Dengan digunakannya NSP, Wallpaper dan Ringtone oleh Masyarakat Umum dan Pengguna HP/Smarphone, diharapkan lebih mengenal budaya lokal serta obyek wisata serta atraksi budaya yang ada di Sulawesi Selatan dan Barat.

Alur Proyek

Alur Proyek Andi Rahmat Munawar 042 Ringtone, Wallpaper, NSP.png

Latar belakang:

Keterkaitan pada tujuan Cipta Media Seluler

LSM SEMPUGI, berawal dari sebuah grup diskusi sejarah dan budaya Sulawesi Selatan dan Barat di Facebook. Dibuat pada bulan Oktober 2010, saat ini sudah beranggotakan 16 ribu member. Dari diskusi diskusi tersebut lahir keinginan untuk berbuat didunia nyata. Misalnya merenovasi makam tua tokoh sejarah (situs sejarah) yang dananya berasal dari swadaya anggota grup Facebook. Pelembagaan dari sebuah grup Facebook menjadi LSM diaktenotariskan pada tahun 2013. Saat ini LSM SEMPUGI juga sedang melaksanakan beberapa program. Antara lain, melakukan pendataan terhadap pandai besi (Panre Bessi) yang tersisa serta mengumpulkan data dan informasi sehubungan pelestariannya. LSM SEMPUGI juga membentuk sebuah sanggar seni, yang aktif mengisi sesi hiburan melalui lagu tradisional diberbagai kegiatan di Makassar.

Sementara itu, perkembangan teknologi informasi kurang diimbangi dengan sosialisasi nilai budaya lokal serta pengenalan terhadap daerah. Oleh karena itu melalui program ini diharapkan masyarakat sulselbar dapat lebih mengenal obyek wisata yang ada didaerahnya. Serta mengenal atraksi dan even budaya serta nilai nilai kearifan lokal melalui NSP, Ringtone dan Wallpaper.

Adapun obyek wisata yang dimaksud adalah situs sejarah atau obyek wisata alam yang kurang atau tidak terpublikasi sehingga kurang dikenal. Pada kegiatan ini diharapkan nantinya, terjadi penyebaran informasi mengenai obyek wisata yang dimaksud. Nantinya diharapkan meningkatnya kesadaran untuk menjaga obyek wisata tersebut serta pengelolaan yang baik sehingga meningkatkan angka kunjungan wisatawan yang bermanfaat bagi semua.

Pesan-pesan leluhur umumnya tersimpan pada naskah lontara tua yang sulit diakses. Melalui kegiatan ini diharapkan pesan-pesan leluhur yang bernilai edukatif dari etnis Makassar, Bugis, Toraja dan Mandar, bisa dikenal dan dituangkan dalam bentuk wallpaper. Adapun yang dimaksud dengan bernilai edukatif yaitu mengangkat karakter lokal yang membangun kepribadian. Sehingga terjadi pelestarian kearifan lokal dan memupuk rasa cinta terhadap budaya lokal dan tentunya mengarahkan terjadinya perubahan sikap dan prilaku para penggunanya.

Baik obyek wisata maupun pesan-pesan leluhur keduanya direproduksi melalui wallpaper. Deskripsi tentang obyek wisata berisi tentang lokasi, jarak tempuh dari ibukota provinsi dan informasi lain yang dianggap relevan. Deskripsi tentang pesan-pesan leluhur berisi penulisan kembali dalam aksara lontara, transliterasi dan terjemahan. Deskripsinya nanti dituangkan pada situs LSM SEMPUGI yang dihubungkan dengan Wikimedia.

Pembagian ringtone dan wallpaper dilakukan secara gratis dan massal dengan cara penyebaran konten adalah dengan menautkan link url disitus jejaring sosial.

Masalah yang ingin diatasi dan keterkaitan dengan aktivitas

Masalah 
  1. Beberapa lagu tradisional Sulselbar kurang dikenal bahkan terancam punah.
  2. Beberapa jenis atraksi budaya terancam punah.
  3. Banyak obyek wisata yang belum dikenal atau belum digarap.
  4. Beberapa semboyan/slogan kearifan lokal pun mulai dilupakan karena jarang diangkat.
Melalui proyek ini diharapkan adanya
  1. Pembiasaan terhadap lagu tradisional sulselbar,
  2. Pengenalan obyek wisata, atraksi budaya dan slogan kearifan lokal yang kurang dipublikasi.
  3. Menyelamatkan lagu tradisional, atraksi budaya dan slogan kearifan lokal dari kepunahan.
  4. Munculnya kesadaran untuk pengelolaan obyek wisata.


Keterkaitan pada kategori: Produksi dan Penyampaian Konten

Produksi dan Penyampaian Konten

Proyek pembuatan Ringtone, NSP dan Wallpaper merupakan rekayasa piranti lunak. Dibuat dalam waktu sekitar 7 bulan. Melibatkan tim dan profesional serta operator seluler dalam prosesnya. Data data diambil langsung pada lokasi, yaitu obyek wisata dan atraksi budaya.Adapun untuk perekaman lagu tradisional untuk ringtone maupun NSP dilakukan di Makassar. Hasil dari proyek ini langsung didistribusikan secara massal kepada masyarakat dan diinternet.

Latar belakang dan demografi pelaku proyek dan kelompok

Demografik pelaku proyek

Beberapa tahun ini mengelola grup diskusi sejarah dan budaya sulselbar di Facebook yaitu Sempugi. Kemudian Sempugi dilembagakan agar ada kerja-kerja riil seperti pemugaran makam kuno dan upaya penerbitan buku, diskusi sejarah dan budaya, dan pembentukan sanggar seni Sempugi.

Dalam kegiatan ini, tim terdiri dari pemuda-pemuda yang berlatar organisasi mahasiswa dan kami anggap punya kapabilitas dalam program ini. Adapun untuk hal hal teknis, misalnya perekaman lagu lagu tradisional sulselbar, kami akan menggunakan jasa profesional.

Demografik target penerima manfaat

Penerima manfaat dari proyek ini adalah masyarakat umum terutama generasi muda. Kami berinteraksi baik didunia cyber maupun dunia nyata melalui organisasi Sempugi maupun organisasi lain yang dapat kami akses.

Hasil yang diharapkan dan indikator keberhasilan

Digunakannya wallpaper di HP para generasi muda dan dikenal luasnya acara budaya dan obyek wisata di Sulselbar .

Indikator keberhasilannya 
ketika pengguna meningkat 400 permintaan konten perbulan, baik itu permintaan NSP, Wallpaper, dan Ringtone. Cara mengukur indikator yaitu dengan mengakumulasi total jumlah unduhan ringtone dan wallpaper. Sedang untuk nada sambung pribadi (NSP) melalui data dari provider yang bekerjasama.

Durasi waktu aktivitas dilaksanakan:

Agustus 2014 –Februari 2015

Total kebutuhan dana untuk melakukan aktivitas:

Rp 416.800.000,-

Dana yang diminta dari Cipta Media Bersama:

Dana yang diajukan ke Cipta Media Bersama sebesar Rp 340.950.000,-

Sumber dana lainnya:

Sumberdana lainnya sebesar Rp 75.850.000,- merupakan dana dari organisasi dan sumber lain yang halal dan tidak mengikat