Selamat datang di Situs Wiki Cipta Media Seluler
Didukung oleh:
Cipta media organisasi pendukung.png


Temukan Cipta Media Seluler di Twitter @ciptamedia Facebook: Cipta Media Seluler | Situs web: Cipta Media seluler


Pusat Training Wireless Cellular Network OpenBTS/Laporan

Dari Wiki Cipta Media Seluler
Langsung ke: navigasi, cari
EnglishBahasa Indonesia


Pusat Training Wireless Cellular Network OpenBTS


1. Laporan Tahap I


Laporan Narasi Pertanggung Jawaban Hibah


Pusat Training OpenBTS Wireless Cellular Network OpenBTS

ICT Watch

Instruksi untuk mengisi laporan penerimaan hibah

ICT Watch mengharuskan seluruh penerima hibah melaporkan kegiatan mereka dalam bentuk laporan naratif dan laporan keuangan berdasarkan Perjanjian Penerima Hibah Cipta Media Seluler yang telah disepakati kedua belah pihak. Laporan naratif disarankan dalam bentuk lima hingga tujuh halaman.

Laporan dapat dikirimkan melalui surel atau dokumen asli

Penerima hibah : Handri Santoso (Surya Institute)
Periode Laporan : 14 Agustus 2014 hingga 24 November 2014
Proyek : Pusat Training Wireless Cellular Network OpenBTS

1. Pembelajaran

Silahkan tuliskan pembelajaran, acara-acara yang anda buat/ alami yang dapat membuat perubahan dalam satu tahun kedepan sebagai hasil dari upaya upaya yang anda buat dibawah hibah yang anda terima, perubahan-perubahan yang anda percaya dapat membatu organisasi/ komunitas anda mencapai tujuan-tujuannya dan/ atau kesulitan dan tantangan yang tidak anda perkirakan yang anda temukan dalam periode pelaporan hibah ini.

Kegiatan pelatihan OpenBTS meliputi

  1. Rapat koordinasi dengan tim OpenBTS, menghasilkan strategi agar proyek pelatihan OpenBTS ini mencapai target peserta yang diinginkan, maka peserta training dipilih berdasarkan kriterian sebagai berikut:
    • Participant di seleksi berdasarkan rekam jejak organisasi
    • Participant yang bisa membuat tulisan tentang kesenjangan infrastukture jaringan seluler dari berbagai aspek
    • Participant yang mempunyai tujuan untuk mengembangkan, dan mensosialisasikan setelah mengikuti training OpenBTS.
  2. Hasil kegiatan sosialisasi kepada masyarakat melalui workshop dan sosial media menghasilkan calon peserta sebanyak 192 orang yang terdiri dari (http://informatics.surya.ac.id/mapping/)
    • 93 orang dari Jabodetabek
    • 20 Orang dari Jawa Barat
    • 22 Orang dari Jawa Timur
    • 8 Orang dari makasar
    • 8 Orang dari Jawa Tengah
    • Lainnya tersebar dari Sumatra Utara sampai Papua .
  3. Membuat portal e-learning untuk menginformasikan materi OpenBTS kepada calon peserta tentang progress kegiatan ini (http://informatics.surya.ac.id/elearning/) serta membuat elektronik form (http://informatics.surya.ac.id/form/view.php?id=11243) bagi peserta yang ingin mendaftar. Sampai saat ini sudah 192 orang yang mendaftar melalui website ini.
  4. Mengembangkan modul-modul training secara berjenjang disesuaikan dengan kemampuan peserta training

Dalam kegiatan ini, kami menemui kendala-kendala seperti

  1. Jumlah peserta yang menjadi target training belum sesuai dengan yang diharapkan terutama peserta dari daerah yang belum terjangkau oleh jaringan seluler. Target awal peserta adalah 500 orang, saat ini jumlah pendaftar baru mencapai 192 orang.
    Untuk mencapai target yang diinginkan, ada beberapa strategi yang akan dilakukan
    • Menjajaki kerjasama dengan pemda-pemda yang tertarik untuk membuat infrastukture jaringan seluler berbasis OpenBTS.
    • Menghubungi penerima hibah CMS lain seperti Situs laporan warga papua berbasis SMS dan Lingkar Suara Buruh Perempuan agar dapat membantu mensosialisasikan pelatihan OpenBTS
  2. Kemajuan pembuatan modul training agak lambat karena mundurnya beberapa anggota tim karena beberapa alasan pribadi. Saat ini modul training openBTS sebagian sudah diupload di link berikut: http://informatics.surya.ac.id/elearning/ .
    Untuk mengatasi mundurnya anggota tim OpenBTS, dilakukan upaya dengan
    • meng-hire tenaga administrasi baru dengan tetap meminta anggota lama membantu secara remote untuk upload dan membuat laporan keuangan di wiki
    • Meminta bantuan anggota yang mengundurkan diri untuk tetap membantu dalam menyempurnakan materi yang dikerjakan dan soal-soal latihannya
  3. Belum maksimalnya sosialisasi kegiatan ini karena masih terfokus pada pengadaan peralatan dan pembuatan materi training. Saat ini sosialisasi lebih difokuskan pada menarik sebanyak mungkin peserta training.

Dari periode agustus - november 2014, kami mendapatkan beberapa pelajaran sehubungan dengan kegiatan ini,

  1. Sosialisasi kegiatan melalui social media cukup baik dalam mensosialisasikan suatu event pada masyarakat yang sudah terhubung dengan internet, tapi sosialisasi langsung ke masyarakat tetap diperlukan utamanya bagi daerah yang jaringan internetnya belum baik. Sehingga perlu dilakukan upaya tambahan agar jangkauan bisa lebih luas dengan
    • Menjajaki kerjasama dengan pemda-pemda yang ingin membangun infrastrukture jaringan seluler sendiri
    • Meminta bantuan sesama penerima hibah CMS agar bisa ikut mensosialisasikan kegiatan training openBTS, utamanya peserta dari daerah.
    • Berdasarkan informasi dari Pak Onno, Menkominfo mendukung OpenBTS didaerah yang secara ekonomi tidak menguntungkan membangun BTS komersil
  2. Biaya pengiriman barang impor lebih murah jika melalui Singapore dibanding langsung di kirimkan ke Jakarta.
  3. Dengan hibah dari CMS, kami diberikan tempat untuk pelaksanaan kegiatan ini oleh universitas surya sehingga perlu ditunjuk penanggung jawab tempat pelatihan ini. Selain itu, perlu adanya penanggung jawab pembuatan modul training yang dibagi menjadi 3 orang berdasarkan modul-modul yang akan dibuat. Selain itu, dalam rangka menjajaki kerjasama dengan pihak ketiga yang tertarik dengan pelatihan dan implementasi teknologi ini, perlu ditunjuk seorang PIC.
  4. Tim
    1. Anggota yang terlibat dalam kegiatan ini, pertama kali bekerja secara tim di organisasi ini sehingga perlu dicari titik temu berdasarkan kemampuan, waktu dan ketertarikan topik teknologi jaringan seluler . Rata-rata anggota tim belum pernah terlibat dalam proyek dimana kesuksesan proyek ini tergantung dari kerjasama tim dalam menyelesaikan tugasnya yang di berikan. Beberapa anggota masih harus diingatkan untuk menyelesaikan pekerjaannya atau mempunyai inisiatif agar proyek ini mempunyai nilai tambah.
    2. Dengan hibah dari CMS, kami diberikan tempat untuk pelaksanaan kegiatan ini oleh universitas surya. Sehingga perlu ditunjuk penanggung jawab tempat pelatihan ini. Selain itu, perlu adanya penanggung jawab pembuatan modul training yang dibagi menjadi 3 orang berdasarkan modul-modul yang akan dibuat.
    3. Pendelegasian tugas jangkauan keluar: Dalam rangka menjajaki kerjasama dengan pihak ketiga yang tertarik dengan pelatihan dan implementasi teknologi ini, perlu ditunjuk seorang PIC


2. Aktivitas/ Isu yang Anda usung dan mencoba atasi

Berikut adalah aktivitas dan isu-isu yang anda masukkan pada permohonan hibah anda

Masalah
  1. Masih sedikit Sumber daya manusia Indonesia yang mempunyai kemampuan mengoperasikan, merekayasa dan mengembangkan teknologi komunikasi seluler.
  2. Masih mahalnya teknologi wireless selular network menyebabkan masih banyak masyarakat di daerah, utamanya di daerah pedalaman dan perbatasan yang belum terjangkau akan teknologi selular ini.
Aktivitas
  1. Menyusun kurikulum pelatihan untuk mengoperasikan, installasi, merekayasa dan merawat jaringan selular berbasis OpenBTS.
  2. Menyiapkan program sertifikasi bagi peserta agar mendapatkan pengakuan akan kemampuannya dalam pengoperasian, instalasi, rekayasa dan perawatan jaringan selular berbasis OpenBTS.
  3. Memberikan pelatihan OpenBTS secara berjenjang.
  4. Bekerjasama dengan Galow IT untuk mengadakan workshop OpenBTS.
  5. Memberikan konsultasi bagi pemerintah daerah, atau institusi yang ingin membangun jaringan selular berbasis OpenBTS.
  6. Menjalin kerjasama dengan pemerintah baik pusat dan daerah, perusahaan komunikasi, profesional, akademisi, LSM dan masyarakat untuk pembuatan, pengembangan dan kelangsungan pusat pelatihan OpenBTS ini.

Aktivitas dan isu yang anda atasi

  1. Kurikulum pelatihan
    Penyusunan kurikulum pelatihan yang telah selesai, akan disebarluaskan pada minggu ketiga Januari 2015 melalui
    1. Kurikulum pengoperasian OpenBTS sudah selesai dan akan disebarkan melalui
      1. Flashdisk yang dibagikan kepada para peserta training
      2. Melalui website http://informatics.surya.ac.id/elearning/
      3. Saling berbagi dengan peserta yang telah mendapatkan pelatihan
      4. Dapat meminta langsung kepada tim openBTS
    2. Kurikulum konfigurasi dasar OpenBTS sudah selesai dan akan disebarkan pada saat pelatihan pertama diselenggarakan melalui.
      1. Flashdisk yang dibagikan kepada para peserta training
      2. Melalui website http://informatics.surya.ac.id/elearning/
      3. Saling berbagi dengan peserta yang telah mendapatkan pelatihan
      4. Dapat meminta langsung kepada tim openBTS
    3. Kurikulum installasi OpenBTS - selesai, akan disebarluaskan pada Januari 2015 melalui
      1. Flashdisk yang dibagikan kepada para peserta training
      2. Melalui website http://informatics.surya.ac.id/elearning/
      3. Saling berbagi dengan peserta yang telah mendapatkan pelatihan
      4. Dapat meminta langsung kepada tim openBTS
  2. Sertifikasi: Soal-soal latihan sebagai indikator pemahaman peserta training terhadap materi yang terkait dengan sertifikasi - masih dibuat, diharapkan akan selesai pada bulan Mei 2015. Pranala penyebarannya melalui website http://informatics.surya.ac.id/elearning/
  3. Pelatihan OpenBTS secara berjenjang - belum dimulai , direncanakan setelah kegiatan pelatihan pertama sekitar bulan Januari 2015, kami akan menawarkan kepada para peserta yang tertarik untuk mengambil materi training ini
  4. Bekerjasama dengan GalowIT untuk mengadakan workshop OpenBTS
    1. Sosialisasi pendaftaran pelatihan OpenBTS melalui kegiatan rutin yang dilakukan bersama dengan workshop rutin yang mereka lakukan, minimal sebulan sekali
    2. Lokakarya OpenBTS dengan GalowIT sedang di diskusikan waktu dan tempatnya.
  5. Penjajakan kerjasama pelatihan OpenBTS dengan Institusi lain
    1. Penjajakan kerjasama dengan universitas lain yang ingin membuat pelatihan openBTS. Saat ini STIKOM Surabaya yang sudah mempunyai OpenBTS dan Universitas Panglima Sudirman melalui bapak Eko Murdyantoro.
    2. Mengandeng institusi lain untuk bekerjasama dalam pelatihan applikasi yang berhubungan dengan komunikasi seperti VOIP, dan Jaringan komputer. Pembicaraan hal ini sudah dilakukan dengan Pak ranu dari PT Ufoakses

3. Indikator sukses anda dalam permohonan hibah

Keluaran:

  • Peserta training dapat memahami teori dasar jaringan selular berbasis OpenBTS.
  • Peserta dapat mengoperasikan dengan benar jaringan OpenBTS
  • Peserta dapat Memodifikasi openBTS sesuai kebutuhan di lapangan.
  • Peserta dapat merawat dan memperbaiki OpenBTS.
  • Adanya SDM yang kompeten di bidang jaringan selular berbasis OpenBTS.
  • Tersedianya materi pelatihan jaringan selular berbasis OpenBTS yang selalu diperbarui.
  • Menjadi mata kuliah di Jurusan Teknik Telekomunikasi, dan/atau Jurusan informatika.

Dampak:

  • Pemahaman masyarakat tentang teknologi selular berbasis OpenBTS lebih komprehensif, baik dari sisi teknikal, peraturan dan sosial.
  • Jumlah BTS didaerah perbatasan dan pedalaman meningkat.

Indikasi:

  • Jumlah Masyarakat didaerah pedalaman dan perbatasan yang dapat menikmati komunikasi selular meningkat.
  • Makin terjangkaunya biaya komunikasi dan internet di Indonesia.


Hasil aktual hingga laporan ini dibuat

Kegiatan training masih belum dilaksanakan, sehingga hasilnya belum maksimal terlihat. Tapi antusias masyarakat baik perorangan dan institusi akan kegiatan ini cukup baik, terlihat dari jumlah peserta dan institusi yang ingin menjajaki kerjasama dalam pelatihan.

4. Tujuan dan Sasaran

Silahkan anda jelaskan apa yang telah anda berhasil peroleh dengan hibah ini yang berkaitan dengan tujuan yang lebih besar yang anda harapkan dapat anda capai.

Tujuan pada proposal
  • Tersedianya pusat training jaringan selular berbasis Opensource (OpenBTS)di Indonesia.
  • Tersedianya materi training berbasis copyleft license
  • Tersedianya pelatihan OpenBTS yang terstruktur.
  • Adanya program sertifikasi OpenBTS bagi peserta training untuk mendapatkan pengakuan akan ketrampilannya.
Sasaran pada proposal

Kegiatan ini akan menyediakan fasilitas training dan sertifikasi bagi masyarakat yang ingin belajar membuat dan mengembangkan jaringan selular berbasis Opensource – OpenBTS.

Tujuan dan sasaran yang berhasil dicapai hingga saat ini

  • Tersedianya pusat training jaringan selular berbasis Opensource (OpenBTS)di Indonesia, dimana saat ini sudah tersedia
    • 10 unit OpenBTS Development Kits
    • 15 Unit Notebook dengan specifikasi Processor Intel i5, RAM 4GB
    • 8 Meja trainng dan 16 kursi
    • 1 unit Projector
    • 1 Unit screen projector
    • 1 Unit White board
  • Tersedianya materi training berbasis CC-BY-SA yang dapat diakses oleh peserta yang mendaftar di website http://informatics.surya.ac.id/elearning/ yang saat ini masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan. Diharapkan pada minggu ketiga Januari 2015, link ini sudah bisa diakses oleh seluruh peserta diseluruh Indonesia
  • Tersedianya pelatihan OpenBTS yang terstruktur yang saat ini masih disiapkan dan diharapkan pada pelatihan pertama pada minggu ketiga bulan Januari 2015 sudah dapat di akses dan digunakan oleh para peserta training.
  • Adanya program sertifikasi OpenBTS bagi peserta training untuk mendapatkan pengakuan akan ketrampilannya, yang saat ini sedang dibuat soal-soalnya oleh tim OpenBTS, dimana kedepannya setiap orang dapat berkonstribusi dalam pembuatan soal-soal ini.

Sasaran pada proposal: Kegiatan ini akan menyediakan fasilitas training dan sertifikasi bagi masyarakat yang ingin belajar membuat dan mengembangkan jaringan selular berbasis Opensource – OpenBTS.


5. Perubahan Lingkup Organisasi/ Lingkungan Sekitar

Tolong jabarkan perubahan perubahan signifikan yang organisasi anda dapatkan yang memiliki dampak pada pekerjaan anda pada periode pelaporan yang anda lakukan untuk saat ini. Masukkan secara deskriptif bagaimana anda menangani perubahan perubahan tersebut dan bagaimana perencanaan anda berubah sebagai hasilnya.

Dengan adanya kegiatan ini, teman-teman di jurusan informatika, universitas surya dan Pendidikan Komputer dan Informatika, STKIP Surya cukup antusias akan adanya pelatihan seluler network berbasis openbts dan beberapa staff dan dosen mengajukan diri untuk bisa terlibat dalam pelatihan ini . Dengan terwujudnya tempat pelatihan ini, kami mengagendakan praktikum jaringan seluler dalam kurikulum di jurusan informatika, Universitas Surya yang kedepannya menjadi salah satu unggulan mata kuliah di jurusan ini.

Tantangan/ masalah organisasi/ pengelolaan yang dihadapi

Isu-isu manajemen atau organisasi apakah yang anda hadapi pada saat anda menuliskan laporan ini (apakah ada perubahan signifikan pada komposisi staf/ dewan atau anggota tim anda. Apakah ada faktor-faktor lain yang dapat membatasi kemampuan organisasi/ komunitas anda untuk mengumpulkan data dan menerjemahkan data data keuangan atau aktivitas yang terkait dengan program dalam tujuan awal). Bila mungkin juga tuliskan dan tekankan kebutuhan yang belum terpenuhi/ teridentifikasi sebelumnya dalam menangani penguatan organisasi/ komunitas anda

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami merasa perlu untuk membuat video tutorial yang menarik bagi peserta training, hanya saat ini jumlah orang yang terbatas dan waktu yang ada lebih banyak untuk menyiapkan peralatan, nyobrek peralatan dan membuat materi training, serta laporan kegiatan. Selain itu perlu PIC yang melakukan sosialisasi yang lebih intern ke luar , baik melalui media, baik media sosial dan media cetak serta sosialisasi ke masyarakat.

6. Keberagaman

Silahkan ditulis perubahan perubahan yang berpengaruh dalam keberagaman (contohnya apabila anggota komunitas, dewan, atau komposisi staf anda mulai beragam dari sisi jenis kelaminnya, suku, pendidikan, umur, budaya, agama, latar belakang asal lokasinya, bahasanya, dan lain sebagainya) dalam periode pelaporan ini. Apabila organisasi/ komunitas anda mengalami tantangan keberagaman, silahkan tuliskan juga pendapat anda.

Dalam tim Openbts ini terdiri dari 5 orang, yaitu 4 orang pria dan 1 orang wanita yang mempunyai tanggung jawab masing-masing. Rentang usia antara 42 - 24 tahun. Anggota tim semuanya berlatar belakang informatika dan komputer.

7. Laporan keuangan

Silahkan masukkan pranala laporan keuangan anda disini

8. Pengesahan

Saya, sebagai penandatangan, menyatakan bahwa saya adalah individu yang berwenang untuk menyerahkan laporan ini atas nama komunitas/ organisasi saya sesuai dengan persyaratan yang dicantumkan pada Perjanjian Hibah Cipta Media Bersama yang telah ditandatangani sebelumnya dan seluruh dana yang dibelanjakan telah dibelanjakan sesuai dengan tujuan-tujuan yang tercantum dalam permohonan hibah.

Tertanda: Lokasi dan tanggal:

Serpong, 24 November 2014



Handri Santoso




Selanjutnya: Laporan Tahap II >>